PSIM Amankan Tiga Poin Berkat Gol Bunuh Diri Persegres

JawaPos.com – PSIM Jogjakarta berhasil mengamankan 3 poin setelah menang 1-0 saat menjamu Persegres Gresik dalam laga lanjutan kompetisi Liga 2 di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu (9/9). Satu-satunya gol tuan rumah terjadi akibat bunuh diri dari pemain belakang Persegres, Mubarok Husni pada menit ke-72.

Sejak menit awal babak pertama tempo permainan cukup lambat. Tim tamu yang mengandalkan 5 pemain di lini tengah memilih untuk bermain di sepertiga lapangan bagian pertahanannya.

Sementara tuan rumah bermain terlalu hati-hati. Bahkan hingga 20 menit berjalan, kedua tim belum menciptakan peluang yang berarti. Striker Laskar Mataram, Ismail Haris tak mendapatkan umpan-umpan matang dari rekan-rekannya.

Akibat sulit menembus lini pertahanan Persegres, sesekali para pemain PSIM harus memberikan kejutan melalui tendangan jarak jauh. Hingga babak pertama usai, skor kedua tim masih imbang tanpa gol.

Pada babak kedua, permainan dari tim kebanggaan dari suporter setia Brajamusti dan The Maident lebih hidup. PSIM melakukan beberapa pergantian, seperti Hendika Arga Permana yang ditarik keluar dengan memasukkan Achmad Setyawan.

Peluang pun sempat tercipta pada menit ke-61. Achmad Setyawan yang berdiri di depan gawang Persegres mendapatkan umpan dari sisi kiri serangan. Sayangnya bola sundulannya masih melenceng jauh dari sasaran.

Selang 10 menit kemudian, PSIM akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Berawal dari pemain tengahnya, Supriyadi yang melakukan tusukan dari sisi kiri.

Umpan yang diberikan ke tengah tak berhasil dihentikan oleh pemain belakang Persegres yang baru masuk babak kedua, Mubarok Husni. Bermaksud menghalau, bola justru mengarah ke gawang sendiri dan tak berhasil diamankan oleh kiper Wais Al Qorni.

Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah. Kedudukan ini bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Ada tambahan 3 poin untuk PSIM di laga ini.

Meski menorehkan kemenangan, PSIM masih tetap berkutat di papan tengah klasemen sementara wilayah timur di peringkat 7 dengan 19 poin. Sementara Persegres di posisi 11 dengan 10 poin.

PSIM 1-0 Persegres
(Mubarok 72′-og)

Susunan pemain:

PSIM Jogjakarta: Ivan Febriyanto; Fandy Edy, Risman Maidullah, Mochamad Arifin, Riskal Susanto; Hendika Arga Permana, Hendri Satriadi, Raymond Tauntu, Supriyadi, Yoga Pratama; Ismail Haris. 
Pelatih: Bona Simanjuntak

Persegres Gresik United: Wais Al Qorni; Syahrul Mustofa, Tedi Siamsyah, Wismoyo Widhistio; David Faristian, Malik Risaldi, Obet Rivaldo, Ridlo Bachtiar; Apri Setya, Fandhy Achmad, Philemon Jackson Baay.
Pelatih: Sanusi Rachman

(dho/JPC)