Bertepatan dengan Tahun Politik, ini Imbauan MUI di Awal 1440 Hijriah

JawaPos.com – Tahun baru 1440 Hijriah bertepatan dengan dimulainya tahun politik. Melihat hal itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau agar masyarakat menjaga suasana tetap kondusif.

“Semua pihak, khususnya elite politik hendaknya bisa menahan diri dalam mengekspresikan politiknya termasuk dalam menyampaikan pernyataan pendapat agar tidak membuat suasana semakin panas, tegang dan penuh dengan kecurigaan,” ujar Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Selasa (11/9).

Menurutnya, perbedaan pilihan tidak harus diwarnai dengan saling menjelekkan, memfitnah, menyebarkan hoax, dan ujaran kebencian. Pasalnya, selain tidak memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat, itu juga dapat menimbulkan gesekan dan retaknya bangunan kebangsaan.

“Jadikanlah perbedaan aspirasi politik sebagai rahmat untuk saling menghormati dan memuliakan agar ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathaniyah tetap terpelihara,” jelas dia.

MUI pun menyerukan kepada umat Islam agar memasuki tahun baru ini dengan penuh keimanan, ketakwaan dan keikhlasan serta senantiasa mengharap ridha Allah SWT dalam suasana hati yang sejuk, tenang dan damai.

“Kami berharap semoga di tahun 1440 Hijriah ini dapat meningkatkan amal kebajikan agar dapat memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi umat manusia, bangsa dan negara,” tutur Zainut.

Kaum Muslimin, lanjutnya, diharap mampu mengembangkan sikap toleransi, keseimbangan, dan bersikap adil dalam menjalankan ajaran agama, agar tidak terjebak pada pertentangan dan perselisihan sempit dalam menjalankan ajaran agama, demi mewujudkan persaudaraan Islam dan persatuan umat.

(yes/JPC)