Debut Djanur Ternoda, Persebaya Kalah dari PS Tira di Gelora Bung Tomo

JawaPos.com – Djadjang Nurdjaman harus menelan pil pahit pada debutnya sebagai pelatih Persebaya Surabaya. Persebaya takluk di tangan PS Tira dengan skor 0-2, Selasa (11/9) malam WIB. Terasa menyakitkan karena kekalahan itu terjadi di kandang sendiri, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Peluang pertama untuk Persebaya tercipta dari sundulan Otavio Dutra pada menit kedua. Sayang bola melebar tipis di kiri gawang. PS Tira memperoleh kesempatan dari tendangan bebas Jeon Woo Young pada menit ke-11. Namun bola berhasil diamankan dengan mudah oleh kiper Miswar Saputra. Winger Osvaldo Haay menciptakan kans emas menit ke-13. Namun sontekannya berhasil diblok kiper Angga Saputra.

Pressing ketat yang dilakukan PS Tira sukses membuat Persebaya kesulitan untuk mengembangkan serangan. Persebaya juga terlihat kewalahan untuk menusuk dari sisi kiri pertahanan PS Tira. Tampak winger Ferinando Pahabol belum mampu menembus sektor yang dijaga Abduh Lestaluhu itu. Belum ada gol yang tercipta hingga 25 menit babak pertama berlangsung.

Persebaya Surabaya, PS Tira, Liga 1 2018, Aleksandar RakicAleksandar Rakic (kanan) mencetak gol pertama PS Tira ke gawang Persebaya (liga-indonesia.id)

PS Tira membuat ancaman serius ke gawang Persebaya pada menit ke-31. Hanya saja sepakan keras Aleksandar Rakic berhasil ditepis Miswar. Jeon Woo Young menciptakan peluang keduanya pada menit ke-35. Kali ini tembakan gelandang asal Korea Selatan itu melambung tipis di atas mistar. Persebaya hampir mencetak gol pada menit ke-45. Namun tembakan tepat Abu Rizal Maulana batal menjadi gol karena membentur kaki Rendi Irwan. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Aleksandar Rakic membuat PS Tira unggul 1-0 pada menit ke-48. Tendangan kaki kiri Rakic melengkung sangat kencang ke pojok kanan atas gawang Persebaya. Kiper Miswar Saputra terbang untuk menghalau bola. Namun usahanya berakhir sia-sia.

Persebaya berusaha membalas lewat sepakan Feri Pahabol dari luar kotak penalti. Akan tetapi bola masih melenceng di kiri gawang.

Pelbagai serangan yang dirancang Persebaya selalu menemui jalan buntu. Persebaya belum mampu mencetak gol penyama meski laga tinggal menyisakan 20 menit.

Acungan jempol layak diberikan kepada kiper PS Tira, Angga Saputra. Mantan penjaga gawang Madura United tersebut bermain sangat apik di bawah mistar. Cecep, sapaan akrabnya berulang kali berhasil mementahkan serangan Green Force.

PS Tira membuat sebuah ancaman dari tendangan keras Dimas Drajad pada menit ke-80. Tapi bola mendarat di tangkapan Miswar.

Tim tamu akhirnya memperbesar keunggulan menjadi 2-0 melalui tendangan voli kaki kiri Dzmitry Rekish pada menit ke-83. Gol Rekish disambut lemparan oleh penonton yang berada di tribune barat daya dan utara. Tampak pula suporter yang membakar kertas di hampir seluruh tribune Stadion GBT. Skor 2-0 untuk PS Tira bertahan hingga wasit meniup peluit panjang berakhirnya laga.

Persebaya Surabaya 0-2 PS Tira
(Rakic 48, Rekish 83)

SUSUNAN PEMAIN
Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, Abu Rizal Maulana, Ruben Sanadi, Otavio Dutra, OK John, Misbakhus Solikin, Rendi Irwan Saputra (Ricky Kayame, 70′), Robertino Pugliara, Osvaldo Haay (Rishadi Fauzi, 81′), Ferinando Pahabol (Oktafianus Fernando, 56′), David da Silva
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PS Tira: Angga Saputra, Abduh Lestaluhu, Didik Wahyu, Abu Bakr Radanfah, Mahdi Albaar, Jeon Woo Young (Roni Sugeng, 83′), Dzmitry Rekish (Ahmad Nufiandani, 90+2), Manahati Lestusen, Wawan Febrianto (Dimas Drajad, 65′), Izmy Hatuwe, Aleksandar Rakic
Pelatih: Nil Maizar

Wasit: M. Adung (DKI Jakarta)
Penonton: 21.327

(saf/JPC)