Tanpa Tiga Pemain Andalan, Barito Tetap Optimistis Raih Poin Lawan PSM

JawaPos.com – Meski bermain di kandang lawan, pelatih kepala Barito Putera, Jacksen F Tiago, tetap optimistis mampu mengimbangi permainan tuan rumah PSM Makassar.  Barito bertamu ke Makassar dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia pekan ke 21, di Stadion Mattoanging, Kamis (13/9) besok.

Optimistis itu diungkapkan Jacksen, meski tiga pemain kunci masih belum bisa dipastikan ikut tampil di laga nanti. Trio andalan kapten tim Rizky Pora, Gavin Kwan Adsit, dan Hansamu Yama dipanggil untuk membela Timnas Indonesia melawan Mauritius, Selasa (11/9) kemarin.

“Sekarang mereka masih di Jakarta (gabung) dengan Timnas. Tapi kita sudah siapkan materi lain untuk isi posisi itu,” terang Jacksen dalam jumpa pers sebelum pertandingan di Makassar, Rabu (12/9).

Absennya ketiga pemain kunci itu menurut Jacksen, sama sekali tak mempengaruhi semangat tim untuk meraih hasil maksimal dalam laga nanti. Jacksen mengaku, tak mempersoalkan kondisi timnya tanpa ketiga pemain tersebut.

Seluruh persiapan tim ditegaskan Jacksen telah rampung. Eks pelatih Persebaya Surabaya itu berniat untuk mempertahankan tren positif belakangan ini. Caranya tentu saja dengan meraih poin maksimal tanpa kekalahan menghadapi Juku Eja.

“Statistik itu bagus juga buat kami. Kami sudah lakukan evaluasi dan persiapan kami saya kira sudah semuanya. Catatan lain yang akan kita terapkan juga sudah, tinggal bagaimana kita bermain dan lihat hasil akhirnya nanti,” terangnya.

Jacksen berpendapat, yang membedakan tim tuan rumah dengan timnya yang tanpa tiga pemain kunci adalah semangat juang dan konsistensi sepanjang berjalannya laga. “Kita datang ke sini untuk dapat hasil baik. Kalau semangat bermain kita jaga dengan baik, saya yakin hasilnya juga pasti akan baik,” tegas dia.

Mendampingi Jacksen, Mathias Cordoba juga menegaskan kesiapannya dan seluruh pemain Barito lain dalam pertandingan nanti. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mengaku telah mengetahui tipe permainan tim tuan rumah.

“Saya sudah sedikit banyak tahu bagaimana style mereka dalam bermain. Karena kita sudah pernah ketemu sebelumnya. Kalau pemain kita sudah semua siap, dan hasil akhir akan menentukan permainan nanti,” tambahnya.

(rul/JPC)