3 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta – Cuaca yang panas membuat pengendara motor seringkali berpikir untuk berhenti sejenak dari perjalanan untuk menyegarkan tenggorokan dengan mengonsumsi air dingin. Es tebu bisa menjadi salah satu pilihan dari sekian banyak jajanan yang menyediakan es di pinggir jalan.

Bicara rasa, es tebu sudah pasti menjanjikan. Manis dan menyegarkan. Tapi sudah tahukah Anda jika di dalam tebu tersimpan banyak manfaat untuk tubuh selain untuk kesehatan, juga untuk kecantikan?

Dilansir laman orogoldinsandiego.com, berikut manfaat tebu untuk kesehatan kulit:

Membuat Kulit Lebih Halus

Gunakan tebu sebagai masker wajah untuk perawatan kulit setiap hari. Sebab, tebu kaya akan asam glikolat, yakni golongan asam, alpha-hydroxy acid (AHA), yang digunakan oleh dokter untuk mengelupaskan kulit (peeling) pada lapisan epidermis (sel kulit terluar) yang telah mati, agar bentuk serta tekstur kulit menjadi lebih halus, cerah, dan sehat.

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Selain enak dan menyegarkan saat diminum, tebu juga kaya akan antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas. Mengonsumsi tebu bisa melindungi kulit dari bahaya sinar ultra violet.

Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, salah satunya adalah radikal bebas. Tak hanya merusak sel kulit, paparan sinar UV juga berakibat pada rusaknya sel di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Rambut

Tebu sering disebut sebagai minuman kesehatan karena mengandung banyak vitamin seperti vitamin B12, vitamin C dan vitamin A. Bersama dengan unsur-unsur lain seperti zinc, kalium, dan kalsium, tebu bisa menjaga kesehatan rambut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

“Saya bikin celengan itu sudah 90 buah saya masukan kesitu uang logam pecahan lima ratusan paling besar Rp 20 ribu,” ujar Abdul Kamid.