Dorong Inovasi Layanan Publik, KLY Akan Gelar Konferensi E-Novasi

Liputan6.com, Jakarta – Dari 137 negara yang masuk dalam daftar Global Competitiveness Index tahun ini, Indonesia berada di peringkat 36. Sebagaimana dilansir World Economic Forum (WEF), torehan ini merupakan peningkatan dari peringkat tahun sebelumnya yang menempatkan Indonesia di posisi 41.

Namun sayangnya, Indonesia masih terbilang buruk dalam kesiapan teknologi. WEF pun menempatkan Indonesia dalam peringkat 80 dari 137 negara.

Maka dari itu, saat ini fokus pemerintah adalah berinvestasi di bidang inovasi dan teknologi, guna mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia pada 2020.

Untuk mewujudkan hal tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan pemerintah terus berusaha memperkuat berbagai sektor agar bisa mewujudkan Indonesia sebagai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

“Dari segi infrastruktur, salah satu yang tengah digenjot oleh pemerintah adalah penyelesaian proyek pembangunan serat optik nasional Palapa Ring yang ditargetkan rampung pada akhir 2018 atau paling lambat awal 2019,” tuturnya kepada Liputan6.com, belum lama ini.

Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan dua faktor pendorong untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

Untuk mendukung target pemerintah, Liputan6.com dan Merdeka.com yang merupakan bagian dari Kapanlagi Youniverse (KLY) akan menggelar acara eksibisi dan konferensi E-Novasi dengan topik “Indonesia-Digital 2020, Kemajuan dan Tantangannya: E-Goverment, Layanan Publik, dan Smart Cities”.

Ajang bergengsi ini akan digelar pada 28 November 2018 di The Hall Senayan City, Jakarta. E-Novasi didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dalam mewujudkan visi untuk Indonesia.

E-Novasi akan menghadirkan 500 penggagas teknologi, startups, dan lembaga pemerintahan.

Dalam acara ini juga terdapat program transformasi, meliputi rangkaian expo, konferensi, diskusi panel, speed dating, dan sesi networking.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Manfaatkan peluang dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi dalam era digital saat ini.