Dua Pekan Lebih Pascagempa, Apa Kabar Pendaftaran CPNS Sulteng?

JawaPos.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 ditutup pada malam ini, Senin (15/10) pukul 23.59 WIB. Selanjutnya, berkas pelamar akan diseleksi oleh panitia.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, jadwal penutupan itu juga berlaku bagi wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebab, masa pendaftaran sudah sempat diperpanjang karena bencana yang melanda daerah tersebut.

“NTB tetap (ditutup hari ini),” ujarnya saat dikonfirmasi JawaPos.com, Senin (15/10).

Namun, beda halnya dengan wilayah instansi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, meliputi beberapa kabupaten dan kotanya. Pendaftaran masih akan ditunda lantaran melihat kondisi daerah yang masih dalam masa darurat bencana sejak Jumat (28/9) lalu.

“Instansi Pemprov Sulteng, Pemko Palu, Pemkab Sigi, Pemkab Donggala, Pemkab Parigi Moutong ditunda,” kata Ridwan.

Sementara itu, untuk wilayah Papua dan Papua Barat hingga saat ini masih belum dapat diputuskan. Sebelumnya, gubernur kedua daerah tersebut menolak proses rekrutmen CPNS 2018 yang dilakukan melalui portal sistem seleksi CPNS nasional (SSCN).

“Papua dan Papua Barat belum diputuskan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pendaftaran rekrutmen CPNS 2018 sudah berlangsung lebih dari dua minggu, yakni 26 September-15 Oktober 2018. Pelamar dipersilakan melakukan registrasi dan memilih instansi yang diinginkan melalui web sscn.bkn.go.id.

Kemudian, tes SKD dan SKB akan dilakukan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) serentak di seluruh daerah Indonesia. Dalam pelaksanaannya nanti, BKN akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

(yes/JPC)