Ini Spesifikasi Lengkap Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro

Liputan6.com, Jakarta – Huawei baru saja meluncurkan smartphone terbarunya, yakni Mate 20 dan Mate 20 Pro. Menurut CEO Huawei Richard Yu, smartphone ini hadir dengan sejumlah peningkatan dari versi sebelumnya.

Salah satu yang ditonjolkan adalah bentang layar Mate 20 yang lebih luas, tapi tetap nyaman digenggam. “Mate 20 memiliki layar berukuran besar, tapi kami mendesain perangkat ini secara keseluruhan agar tetap ringkas,” tuturnya saat peluncuran Mate 20.

Sekilas, desain kedua smartphone sebenarnya tidak memiliki perbedaan berarti, meski sebenarnya tetap ada pembeda. Desain paling mencolok yang membedakan kedua model ini adalah keberadaan notch di bagian atas smartphone.

Untuk Mate 20, notch didesain menyerupai lingkaran alias desain waterdrop, sedangkan notch Mate 20 Pro tampil seperti smartphone kebanyakan. Namun Yu memastikan notch di Mate 20 Pro lebih kecil dari smartphone lain.

Selain itu, ukuran kedua layar juga sedikit berbeda. Mate 20 hadir dengan layar flat LCD berukuran 6,53 inci, sedangkan Mate 20 Pro hadir dengan layar curved OLED 6,39 inci. 

Keduanya sudah dipersenjatai dengan Kirin 980. Mate 20 hadir dengan kombinasi RAM 4GB atau 6GB yang dipadukan memori internal 128GB. Sementara Mate 20 Pro memiliki RAM 6GB dengan memori internal 128GB.

Sebagai penunjang performanya, Mate 20 mempunyai baterai berkapasitas 4.000mAh dan Mate 20 Pro memiliki baterai berkapasitas 4.200mAh. Huawei juga membekali fitur fast charging di Mate 20 Pro yang menjanjikan durasi pengisian daya lebih cepat.

“Kami menjamin keamanan fitur ini karena sudah melalui sejumlah tahap pengujian,” tuturnya. Tidak hanya itu, smartphone ini juga sudah mendukung pengisian daya nirkabel yang dijamin lebih cepat.

Sebagai tambahan, Mate 20 Pro sudah memiliki kemampuan wireless reverse charging pertama di dunia. Jadi, smartphone ini dapat menjadi powerbank bagi perangkat lain yang sudah mendukung fitur pengisian daya nirkabel.

Baik Huawei Mate 20 dan Mate 20 memiliki tiga lensa sebagai kamera utamanya. Penyusunan lensa kamera ini terbilang tidak biasa karena diatur berbentuk kotak, tidak vertikal maupun horizontal.

Mate 20 memiliki tiga lensa utama dengan resolusi 12MP (wide angle), 16MP (ultra wide angle), dan 8MP (2x telephoto). Sementara Mate 20 Pro hadir dengan lensa beresolusi 40MP (wide angle), 20MP (ultra wide angle), dan 8MP (3x telephoto).

Keduanya sama-sama memiliki kamera depan beresolusi 24MP. Namun, Mate 20 Pro hadir dengan kemampuan 3D scanner untuk membuka perangkat dan kecerdasan buatan.