Jokowi Beri Insentif Bagi Daerah Peduli Disabilitas

JawaPos.com – Pemerintah tidak ingin momen Asian Para Games 2018 berlalu begitu saja. Sebaliknya, peristiwa tersebut diharapkan menjadi momentum perbaikan bagi fasilitas publik yang ramah untuk kelompok disabilitas atau berkebutuhan khusus.

Presiden Jokowi mengatakan, belum meratanya fasilitas publik yang ramah difabel tengah menjadi concern pemerintah. Untuk menyelesaikannya, pemerintah mengkaji kemungkinan pemberian insentif bagi pemerintah daerah maupun perusahaan yang mendesain kawasan atau bangunan yang aksesibel.

“Entah nanti dikaitkan dengan pajak, bisa juga dengan insentif yang lain,” kata Jokowi saat meninjau fasilitas umum untuk orang berkebutuhan khusus di kawasan Senayan, Jakarta, kemarin (16/10).

Jokowi menambahkan, di kawasan Senayan, aksesnya cukup baik. Trotoar, toilet, halte kendaraan, hingga tempat ibadah sudah ramah bagi penyandang disabilitas. Namun, Jokowi mengakui, di daerah-daerah, hal itu belum banyak diadopsi.

Untuk menyempurnakan desain-desain fasilitas publik yang sesuai dengan kebutuhan, mantan wali kota Solo itu akan menyerap aspirasi. Rencananya, dia mengundang kelompok disabilitas ke istana untuk berbicara tentang masalah tersebut. Namun, dia belum bisa memastikan waktu dan target kebijakan itu diimplementasikan. 

(far/wan/c19/agm)